Resep Shalat Supaya Bisa Khusyuk

Updated at: 08.28.
Under Category: islami,khusyuk,resep,shalat
Saudaraku, Alhamdulilah pada kesempatan kali ini al faqiir ingin berbagi, Resep Shalat Supaya Bisa Khusyuk    dari Kitab Ihya Ulumiddin karya Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali ra.


Hatim Al-Asham ra ditanya,"Bagaimana shalatmu?"
Beliau menjawab, jika waktu shalat tiba, aku berwudhu secara sempurna.
Setelah itu aku berjalan menuju tempat shalat yang kuinginkan, aku duduk disana dan berusaha mempersatukan seluruh anggota tubuhku untuk shalat.

Kemudian aku berdiri untuk menunaikan shalat, kuletakkan kakbah tepat didepanku,titian menuju neraka kuletakkan tepat dibawah kedua telapak kakiku.
Surga dikananku,neraka dikiriku, malaikat penyabut nyawa dibelakangku dan kuangap ini sebagai shalat terakhirku, dan aku berdiri dengan rasa harap dan takut.

Kemudian kukumandangkan takbir dengan benar, kubaca ayat-ayat suci Al-Qur'an dengan tartil,ketika rukuk aku pun ruku dengan merendahkan diri kepada Allah.
Saat sujud aku sujud dengan penuh khusyuk (sujud seorang budak kepada Raja dari segala Raja).

Kemudian dikala duduk(tahiyyat  awal) kuletakkan telapak kaki kiriku dibawah pantat kiri, dan kutegakkan telapak kaki kananku dengan bertumpu pada ibu jariku.
kukerjakan semua itu dengan ikhlas.

Semua orang mendambakan shalat yang khusyuk dan bermakna tetapi tidak semua orang mau berusaha untuk mendapatkannya.
Dalam kisah di atas Hatim Al-Asham telah menyampaikan tips jitu untuk membuat shalat kita bermakna, salah satunya adalah merasa dikejar maut, Rosul saw bersabda :

إِذَا قُمْتَ فِي صَلَاتِكَ فَصَلِّ صَلَاةَ مُوَدِّعٍ

"jika kau berdiri menuaikan shalat, maka shalatlah seperti shalatnya orang yang hendak meninggalkan (dunia)". (HR Ibnu Majah dan Ahmad)

Demikian Resep Shalat Supaya Bisa Khusyuk yang bisa alfaqiir berikan mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua amin.



Resep Shalat Supaya Bisa Khusyuk
"Resep Shalat Supaya Bisa Khusyuk" Di Posting oleh blog , Minggu, 24 Maret 2013, pukul 08.28 dalam topik islami, khusyuk, resep, shalat dan permalink http://habibkarom.blogspot.com/2013/03/resep-shalat-supaya-bisa-khusyuk.html. Nomer ID: 5.888,888.

Comments :

 
Is Hosted by Blogger